Minggu, 29 November 2015

pandu HW tingkat penghela

duk pandu penghela

pandu penghela merupakan wadah pemuda pemudi putra muhammadiyah, suatu perubahan yang berlangsung terus menerus yang dialami pemuda dan pemudi, suatu proses yang meregangkan dalam segala lapangan kepribadian dan masyarakat, dalam keluarga terjadi makin regangnya hubungan anggota keluarga, apalagi dengan anggota keluarga yang lainnya. Ayah dan ibu merupakan keluarga sendiri, disamping keluarga anak jika mereka sudah menikah, tak jarang kadang kala mereka tidak tahu lagi asal usul neneknya, dikarenakan terputusnya silaturahim dan tidak jarang pula enggan melakukan ziarah pada kubur keluarga lainnya. Hal ini kemungkinan dirasakan adanya kesibukan yang menjadi prioritasnya, penyelesaian masalah-masalah kehidupan. pemuda yang biasanya menjadi teras masyarakat, kemudian menjadi seorang yang bersifat individualistis, sehingga hal ini akan membentuk suatu masyarakat yang bersendikan kepentingan perorangan, karena keluarga merupakan jaringan dan tuntunan dalam tubuh masyarakat.

kemajuan jaman banyak sekali mempengaruhi terhadap perkembangan proses ini , pemuda-pemudi canggung menjalankan pekerjaan-pekerjaan tangan karena telah terdesak oleh kemajuan teknologi. teknologi inilah yang membawa kemajuan dalam tingkatan tarap bangsa, namun janganlah melupakan bahwa jiwa dan alam berfikir pemuda-pemudi sangat terpengaruh olehnya. dalam bidang agama pemudapun tidak luput dihinggapi krisis pandangan, dikacaukan faham agama, sebagai aturan hidup dengan kebiasaan yang berubah menurut aliran zaman.

keadaan sebagaimana tertulis di atas merupakan kondisi penunjang munculnya krisis yang pada garis besarnya dapat dirangkaikan dalam tiga kelas :
  1. krisis antara manusia dan alam sekitarnya
  2. krisis antara manusia dengan manusia
  3. krisis antara manusia dengan pribadinya sendiri
mengingat hal tersebut gerakan kepanduan hizbul wathan yang tercantum dalam anggaran dasar pasal 4  ayat (1) yang menyatakan : 
            
                     menyelenggarakan pelatihan dan pendidikan kepanduan meliputi bidang agama islam, 
                     teknik kepanduan, ketrampilan kepanduan dan ketrampilan penunjang kepanduan.

kepenghelaan dimaksudkan untuk membantu dan menambah pola pendidikan lama yang telah ada, sebab sudah menjadi kenyataan bahaya akan tersesatnya pemuda-pemudi dalam hidupnya saat di luar rumah dan sekolah, sedangkan sekolah masa kini bermaksud memperbaiki keadaan, namun hasilnya hanyalah perbaikan pola lama yang telah ada, bukan mencari metode yang lebih baik.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar