Sabtu, 28 November 2015

pandu HW tingkat pengenal

pandu pengenal madya kontingen kwarda surabaya
di jambore nasional ke-3 HW
bantimurung-sulsel

tujuan gerakan kepanduan hizbul wathan adalah menyiapkan dan membina anak, remaja dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah, sehingga terwujud pribadi muslim yang sebenar-benarnya serta siap menjadi kader persyarikatan, umat dan bangsa. 
tertatanya manajemen organisasi dan jaringan untuk meletakkan landasan yang kokoh bagi peningkatan kualitas peserta didik kepanduan sebagai seorang muslim merupakan visi gerakan kepanduan hizbul wathan yang wajib dicapai.

pembinaan pandu melalui kegiatan pelatihan bertujuan : 
  1. terwujudnya manusia indonesia yang berkeribadian baik dan memiliki akhlak mulia
  2. mendidik kader-kader bangsa menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan dapat dipercaya
  3. memiliki disiplin yang tinggi dalam melaksanakan semua kegiatan
  4. memiliki moral sesuai dengan norma agama islam
  5. memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan masyarakat sekelilingnya
  6. tabah dan tangguh dalam menghadapi semua tantangan
  7. berguna bagi masyarakat di sekitar lingkungannya atau orang lain
  8. mampu menggunakan waktu secara efisien dalam segala hal
  9. mengembangkan sikap kerja sama dengan masyarkat atau teman
  10. bersikap ramah kepada sesama
tujuan kegiatan pelatihan dicapai dengan memberikan kompetensi untuk pandu hizbul wathan tingkat pengenal sebagai berikut :
standar kompetensi pandu pengenal terdiri dari tiga tingkatan yaitu pandu pengenal tingkat purwa, pandu pengenal tingkat madya dan pandu pengenal tingkat utama.

standar kompetensi pandu hizbul wathan tingkat pengenal purwa.
seorang pandu HW tingkat purwa dapat mengikuti ujian kenaikan tingkat menjadi pandu HW tingkat madya jika telah mengikuti latihan dan memiliki kompetensi berikut :
  1. memahami rukun islam
  2. memahami rukun iman
  3. hafal bacaan sholat fardhu
  4. mengetahu dan dapat melakukan sholat berjamaah
  5. mengetahu dan dapat mempresentasikan sahnya sholat
  6. dapat menyebutkan tujuan kegiatan pandu HW
  7. hafal menyebutkan undang-undang pandu HW
  8. hafal menyebutkan janji pandu HW
  9. hafal menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya 
  10. hafal menyanyikan Mars HW
  11. dapat menyebutkan struktur organisasi GKHW 
  12. dapat menyebutkan struktur organisasi pasukan pengenal HW
  13. dapat menyebutkan dan mengenal nama pimpinan qobilah di pangkalannya
  14. mengetahui atribut dan tanda-tanda pandu pengenal
  15. dapat melakukan peraturan salam kepanduan HW
  16. dapat mengukur untuk ukuran diri sendiri
  17. dapat mengibarkan bendera merah putih dengan tepat
  18. dapat menurunkan dan melipat bendera merah putih dengan rapi, sesuai ketentuan
  19. mengetahui, meperagakan tali temali ( 4 macam)
  20. dapat mempresentasikan manfaat tongkat pandu
  21. dapat menyebutkan manfaat tali pandu
  22. dapat menyebutkan manfaat baju pandu HW
  23. mengetahui dan dapat melakukan semboyan tangan untuk formasi barisan (3 formasi)
  24. mengetahui dan dapat melakukan semboyan peluit (berjalan, berlari, berhenti)
  25. mengetahui dan dapat menunjukan arah mata angin
  26. dapat melakukan pertolongan pada cedera luka ringan/kecil
  27. mengetahui rambu-rambu lalu lintas (5 rambu)
  28. dapat melakukan aba-aba baris berbaris
  29. dapat melakukan praktek membuat nasi 
  30. dapat melakukan praktek membuat telur ceplok dan telur dadar
  31. dapat melakukan praktek membuat sayur sederhana
kenaikan tingkat dilaksanakan oleh setiap pandu yang telah siap dan memenuhi syarat untuk kenaikan tingkat, disesuaikan dengan kemampuan individu dalam penguasaan materi yang tercermin dalam sikap, pengetahuan dan katrampilan yang dimiliki peserta didik pandu Hizbul Wathan.

pelatih dapat menambah kompetensi lain sesuai kebutuhan, tingkatan dan perkembangan teknologi agar peserta didik pandu HW lebih eksis dan survive di jamannya.

#fastabiqul khoirat
#HW Yes

sumber :
Kurikulum kepanduan HW, seri 04.01, GKHW kwarpus.
pandu pengenal tingkat purwa, skt, seri 04.05,


Tidak ada komentar:

Posting Komentar